Senin, 13 Februari 2012

Pesta Adat Tulude Sitaro 2012


Rangkaian Prosesi Adat Tulude di kabupaten Sitaro (10/02) lalu berlangsung meriah dalam suasana kultural yang kental dengan nuansa religius dan dilafalkan dengan menggunakan behasa khas daerah serta diselingi dengan beberapa tarian dan nyanyian khas Nusa Utara.


Puncak dari Upacara Tulude ini adalah Prosesi yang diikuti oleh Pemotongan Kue Adat Tamo yang telah dipersiapkan selama 3 hari menjelang acara Tulude.

Pada kesempatan itu Bupati Sitaro Tonny Supit mengajak masyarakat untuk merenungkan perjalanan Kabupaten Kepulauan Sitaro yang di tahun 2011 lalu diterpa dengan beberapa kali bencana alam seperti Gelombang Pasang Angin Topan dan Letusan Gunung Karangetang. Semua ini menurut Bupati dihadapi Pemerintah dan masyarakat Kab. 
Kepulauan Sitaro dengan sikap berserah diri dan mengakui kuasa dan kebesaran Tuhan.

Dengan sikap ini Pemerintah dan masyarakat Sitaro dapat melewati perjalanan tahun 2011 dengan tegar bahkan ditengah tantangan tersebut Pemerintah dan Masyarakat Sitaro mencatat berbagai kemajuan dalam pembangunan infrastruktur dan sosial kemasyarakatan seperti Pembangunan Jalan dan Jembatan, Pembebasan SPP sampai ke jenjang Pendidikan Menengah, Pemberian Jamkesda dan lain-lain.

Hal senada disampaikan oleh Gubernur Dr. Sinyo Harry Sarundajang yang secara terbuka menyampaikan pujian kepada Pemerintah dan Masyarakat Sitaro atas berbagai keberhasilan pembangunan yang telah dicapai.

"Semua kemajuan itu dapat dicapai Kabupaten Sitaro dengan semangat kebersamaan yang ditunjang oleh situasi kamtibmas serta kuatnya nilai religius yang dipegang teguh oleh masyarakat", demikian Gubernur Dr. S.H. Sarundajang.

Gubernur juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Sitaro untuk bersama-sama terus menjaga stabilitas karena itu merupakan kondisi yang memungkinkan terlaksananya kegiatan pembangunan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar