Sabtu, 29 Oktober 2011

GILA-GILA MASO MINTA PAS NATAL TIBA ( Drama Komedi Satire Satu Babak)

Gila-gila  Maso Minta Pas Natal Tiba
Drama Komedi Satu Babak
PINANGAN Karya Anton Chekov
Adaptasi Iverdixon Tinungki
© 2011


P e m a i n
Alo Vander Bingobingo (60)
Karlota Vasung Vander Bingobingo (25)
Ungke Stelgaga Marbogobogo (30)


( RUANG TAMU DI RUMAH TUAN ALO VANDER  BINGOBINGO SAAT NATAL)

ALO : Eee ... ada tamu kote. O ... Ungke Stelgaga Marbogobogo, adoh, adoh, adoh ... Butul-butul kita ndak sangka ngana datang pasiar Natal pa torang pe rumah. Apa kabar Angko ungke? Baik ... ??
(MEREKA BERSALAMAN).

UNGKE : Baik, baik, makase banya, Om dang bagaimana, sehat?

ALO : ah…Om lagi fress. Apalagi kalo so gate sadiki captikus. Mantap ungke.  Makase juga for ngana pe doa, natal kali ini Om rasa vit sekali, o…io... duduklah. Taong ini ngana komang  nyanda lupa pasiar di sini, nyanda rupa taong-taong lalu ngana kurang skeit pa torang. Inga ungke nyanda bagus melupakan tetanggamu apalagi saat natal. Datang, kong baku minta maaf kalo ada salah, dan jangan lupa ambe waktu berdoa for ngana pe musuh apalagi tetangga, bukan…bukan cari tukang sumbur kong pi dotiileh pa dia. Ungke.  Ooo, ngana pe baju ini dapa lia resmi sekali datang ke sini? Jas, sapu tangan dan seterusnya ... ... ngana mo pi mana so abis ini ?

UNGKE : Oh, kita cuma datang mengunjungi Om Alo Vander Bingobingo yang baik.

ALO : Lalu kiapa pakai jas segala, seperti gaya orang mo pi kaweng konvoi jo ngana.

UNGKE : Begini kwa Om. (MEMEGANG TANGANNYA SENDIRI) Kita mengunjungi Om Alo  Vander Bingobingo yang baik, karena ada satu permintaan. So lebih satu kali kita merasa sangat beruntung so dapa pertolongan dari Om yang selalu boleh dikatakan ..., tapi kita, kita gugup sekali e. Boleh kita minta satu galas air, Om Alo? Satu galas jo!

ALO : (KESAMPING MENGAMBIL MINUMAN). Sudah tentu dia mo  pinjam doi, tapi kita ndak mo kase. Hi tai yaki, farek sana! kita gugup sekali e. Boleh kita minta satu galas air, Om Alo? Hu…putar bale …pinjang doi. (KEPADA UNGKE) Apa yang ngana mo bilang ungke?

UNGKE : Terima kasih, Om Alo ... Maaf ... Om Alo Vander Bingobingo yang baik, e...kita gugup sekali. Pendeknya, nyanda  ada orang yang boleh tolong pa kita, kecuali Om. Meskipun kita rasa kita ndak patut untuk menerimanya, dan kita ndak berhak mendapatkan pertolongan dari Om.

ALO : Akh, ungke jangan bertele-tele, yang tepat saja, ada apa?

UNGKE : Segera ... segera. Soalnya adalah: Kita datang maso minta  putrinya Om.

ALO : (DENGAN GIRANG) Kita pe anak wewene Ungke, Ungke Stelgaga Marbogobogo, ucapkanlah itu sekali lagi, Om hampir tidak percaya.

UNGKE: Ore kai kita merasa terhormat untuk meminang kai... ...

ALO : Anakku sayang, kita sangat gembira. Ini merupakan hadiah terindah saat natal dalam hidupku ... (MEMELUK) Om sudah mengharapkannya begitu lama sekali. Memang itu kita pemau. Ow…kita selalu sayang pa ngana Ungke. Ngana ini so rupa kita pe anak sandiri. Semoga Tuhan memberkati cinta kalian; cinta, kasih yang baik, dan seterusnya ... kita selalu mengharapkan ... Mengapa kita badiri di sini seperti tiang? Kita membeku karena girang, begitu bahagia seratus persen seluruh kita pe hati. Alangkah baiknya kita panggilkan Karlota. Dan seterusnya ...

UNGKE : Om Alo Vander Bingobingo yang baik, bagaimana om, bolehkah saya mengharapkan Karlota Vasung Vander Bingobingo untuk saya?

ALO : Bagi seorang yang ganteng seperti ngana ungke, dia akan menerima lamaranmu. Om yakin sekali, ia sudah rindu: seperti kucing. Dan seterusnya ... sebentar ... (KELUAR)

UNGKE : Hu …kita pe badang dapa rasa dingin, tatafore seperti hendak menempuh ujian penghabisan, tapi sebaiknya memutuskan sesuatu sekarang juga. Kalau orang berpikir terlalu lama, kita ragu untuk membicarakannya. Menunggu kekasih yang cinta sehidup-semati akhirnya dia tak kawin-kawin ... Brrr ... kita dinging , Karlota Vasung Vander Bingobingo cewe yang baik. Pandai ator rumah tangga, tidak jelek, terpelajar, tamatan SMA Agape Gunung Potong... Apalagi yang aku inginkan? Tetapi kiapa kita pe kepala saki bagini dang. Kita gugup. (MINUM)
Chh ... kita harus kaweng. Pertama, kita sudah berumur tiga puluh tahun. Boleh dikatakan umur yang kritis juga. Kita butuh hidup yang teratur dan tidak tegang. Pe soe le kita ini panyaki jantong. Selalu berdebar-debar, kita selalu terburu-buru. Bibirku gemetar dan mataku yang kanan selalu berkerinyut-kerinyut. Kalau kita baru saja naik ranjang dan mulai terbaring ... oh ... kita pe pinggang kiri saki, kita bangung, balompa seperti orang kalap. Kita bajalang sendiri dan pergi tidor lagi. Tapi kalau so manganto, datang lagi penyakit itu. Dan ini berulang sampai dua puluh kali kai. Matedu-tedu wadang ini kai. (KARLOTA MASUK)

KARLOTA : Ooo ... Ngana dang. Kiapa kita pe papa bilang ada pembeli mau mengambil barangnya? Apa kabar Ungke Stelgaga Marbogobogo?

UNGKE: Apa kabar Karlota Vasung Vander Bingobingo yang baik?

KARLOTA : Maaf kita pe baju besae kong kotor lagi. Kita lagi iris sayor boncis di dapur. Kiapa so lama ndak datang? Duduklah.
(MEREKA DUDUK) So Makang? Mo ba roko? Ini macisnya. Hari ini matahari pe tabuka sekali  sehingga petani-petani tak bisa bekerja. Bagaimana ngana pe hasil panen dang? Sayang, kita  terlalu serakah memotong tanaman. Sekarang kita menyesal karena kita tako mo busu nantinya. Dan kita seharusnya menunggu.
(MEMANDANG SEBENTAR) Eee ... apa ini? Begini nih baru ... Mo pi mana so ngana , Ungke? Huu ... ngana komang kelihatan gagah en parlente. Ada apa?

UNGKE : (GUGUP) Begini kwa Karlota Vasung Vander Bingobingo yang baik. Sebabnya ialah: kita so memastikan bahwa ngana pe papa ingin agar ngana mendengarkan langsung dari kita. Tentunya ngana tak mengharapkan hal ini. Dan mungkin ngana akan marah. Tapi, oh ... betapa dinginnya. (MINUM)

KARLOTA : Ada apa? (HENING)

UNGKE : Baik. Akan Kita singkat saja. Karlota Vasung Vander Bingobingo yang manis, bahwa sejak kecil kita ini mengenal ngana dan ngana pe keluarga,  almarhum tanteku dari suaminya, dari mana kita, seperti ngana ketahui, diwarisi tanah dan rumah, selalu menaruh hormat dan menjunjung tinggi ayah dan ibumu. Dan keluarga Marbogobogo, ayahku, dan keluarga Tuan Bingobingo, ayahmu, selalu rukun dan boleh dikatakan sangat intim. Terlebih-lebih lagi seperti ngana ketahui, kita pe tanah berdampingan dengan ngana pe tanah, barangkali ngana masih ingat Lapangan “Maasing”-ku yang dibatasi oleh pohon-pohon pakoba...

KARLOTA : Maaf, kita interupsi. Ngana bilang Lapangan “Maasing“ apa benar itu ngana punya?

UNGKE : Ya, itu kita punya.

KARLOTA : Jangan keliru. Lapangan “Maasing“ adalah milik kami. Bukang ngana punya.

UNGKE : Tidak. Itu adalah milikku, Karlota Vasung Vander Bingobingo yang manis.

KARLOTA : Aneh kita baru dengar sekarang mana mungkin tanah itu tiba-tiba menjadi ngana pe milik.

UNGKE : Tiba-tiba jadi kita pe milik?  Ah, Nona ... Kita sedang berbicara tentang Lapangan “Maasing” yang terbentang antara Manado deng Tiwoho.

KARLOTA : Kita  tahu, tapi itu adalah milik kami.

UNGKE : Tidak, Karlota Vasung Vander Bingobingo yang terhormat. Ngana  keliru. Itu adalah milik kami.

KARLOTA : Pikirlah apa yang ngana ucapkan, Ungke Stelgaga Marbogobogo ... Sejak berapa lama tanah itu menjadi milikmu?

UNGKE : Apa yang ngana maksud dengan “beberapa lama“? Selamanya! kita punya ingatan, tanah itu adalah milik kami.

KARLOTA : Pe mar ngana, mana bisa begitu ... ?

UNGKE : Kita mempunyai bukti-bukti tertulis, Karlota vasung Vander Bingobingo. Lapangan “Maasing” dulu memang milik yang dipersoalkan. Tapi sekarang setiap orang tahu, bahwa tanah itu kita pe milik dan hal itu sekarang sudah tidak menjadi persoalan lagi. Coba pikir bae-bae. Nenek-tanteku mengijinkan tanah itu dipakai oleh petani-petani dari Opa-Ayahmu tanpa uang sewa selama lebih dari dua ribu tahun. Dan sudah menjadi kebiasaan mereka untuk menganggap tanah itu menjadi milik mereka. Tapi sesudah perjanjian itu habis, yaitu sesudah Pak Imba lengser dari Walikota Manado ...

KARLOTA : Semua ngana pe ucapan nyanda butul. Kita pe papa pe opa dan kita pe opa, keduanya menganggap bahwa tanah mereka memanjang sampai Tongkaina. Jadi Lapangan “Maasing“ adalah milik kami. Ooo ... kita ndak mangarti apa yang menjadi persoalan. Ini merusak suasana Natal Ungke Stelgaga Marbogobogo.

UNGKE : Tuangngampung jo, kita akan kutunjukkan dokumen-dokumennya Karlota Vasung Vander Bingobingo....

KARLOTA: Ngana mo ba bla atau mo baterek pa kita? Itu tidak lucu sama sekali. Kami memiliki tanah itu hampir tiga abad, dan tiba-tiba kita dengar tanah itu bukan milikku. Maaf, Ungke Stelgaga Marbogobogo. Saya terpaksa tidak mempercayai ucapan-ucapanmu itu. Saya tidak tergila-gila pada tanah lapangan itu. Besarnya tidak lebih dari empat puluh bahu dan harganya paling tinggi tiga ratus ribu rupiah. Tetapi saya terpaksa memprotes karena ketidak adilan. (UNGKE BERAKSI INGIN BICARA)
Ngana  boleh bilang apa yang ngana suka. Mana-mana jo pa ngana. Tapi kita tidak dapat membiarkan ketidakadilan.

UNGKE : Saya mohon agar ngana suka badengar kwa pa kita. Petani-petani ngana pe papa pe opa seperti kita katakan tadi membuat batu bata untuk Oma -Tanteku. Dan karena Oma- Tanteku ingin membalas kebaikan ini ...

KARLOTA: Opa-Oma- tante tetebengek, kita ndak mangarti semua itu. Lapangan “Maasing“  tetap milik kami ! Stop kong brenti mangaku-mangaku jang ta iris pa ngana!

UNGKE : Milikku ... ! ..., Milikku ... ! Lamu, lalah mulu…
KARLOTA:  Ngana tu lamu!
UNGKE : Lalah mulu…

KARLOTA : Tong Punya ... ! Setang blau!  Biarpun ngana mo baku Sambe dua hari dua malang dan memakai lima belas jas, Lapangan “Maasing“ itu tetap milik kami. Kita Ndak suka ngana pe harta tai kuda! Tapi kita juga nemau kehilangan kita pe harta. Sekarang ngana boleh cumu apa yang ngana suka mo cumu! Dasar orang kampung pece!

UNGKE : Kita juga tidak tergila-gila pada lapangan itu, Karlota Vasung Vander Bingobingo. Kalau ngana suka kita kwa mokase  tanah itu pa ngana sebagai hadiah.

KARLOTA : Kita justru  yang bisa memberikan tanah itu kepadamu sebagai hadiah. Karena itu adalah milikku. Semua ini merusak suasana, Ungke Bogobogo. Percayalah. Sampai sekarang kita masih memandangmu sebagai sahabat yang baik. Taong lalu memang torang ada pinjam mesin cukur-cukur ubi hingga bulan Nopember dan sekarang ngana berani menganggap kami sebagai kaum melarat. Menghadiahi aku dengan tanahku sendiri. Maafkan saya, Ungke Stelgaga Marbogobogo. Ini bukan sikap tetangga yang baik. Terlebih-lebih lagi ini dengan pasti kita anggap sebagai suatu penghinaan.

UNGKE : Kalau begitu menurut ngana pe anggapan kita ini lintah darat? Chh, kita kai belum pernah merampas tanah orang lain, nona. Dan kita tidak bisa membiarkan siapapun juga hina pa kita kai dengan cara yang demikian! (MINUM) Lapangan “Maasing“ adalah milik kami.

KARLOTA : Bohong!  Kita mo buktikan. Hari ini kita mo suruh torang pe orang kerja memotong rumput di lapangan itu.

UNGKE : Kita mo ojo, kita mo anjing samua dorang sampe kaluar!

KARLOTA: Awas kalau ngana berani!

UNGKE : (MEMEGANG JANTUNGNYA) Lapangan “Maasing”  kita punya!

KARLOTA : Jangan ngana ba kuku di sini manusia leput! Kalau mo barabe, pi barabe pa ngana pe rumah sandiri. Tapi di sini kita minta jangan ... Kita minta supaya ngana tau atorang, tau hadat.

UNGKE : Kalau kita tidak sakit napas, nona. Kalau kita pe kepala tidak berdenyut-denyut, kita tidak akan berteriak-teriak seperti ini.
(BERTERIAK) Lapangan “Maasing“ ta punya!

KARLOTA : Punya kami!

UNGKE : Punyaku!

KARLOTA : Kami!

UNGKE : Punyaku! (ALO VANDER BINGOBINGO MASUK)

ALO : Ada apa deng ngoni dua ini? Kipa so bakuku barabe bagini?

KARLOTA: Pa, coba terangkan pada orang ini. Siapa yang memiliki Lapangan “Maasing“. Dia atau kita?

ALO : Ungke, Lapangan “Maasing“ adalah milik kami.

UNGKE : Tuangala jo Alo! Bagaimana bisa jadi ngana punya?
Cobalah sedikit adil. Kita pe tante pe oma meminjamkan Lapangan “Maasing“ tersebut kepada petani-petani opamu. Petani-petani itu telah memakainya selama lebih dari dua ribu tahun. Dan mereka menganggap bahwa tanah itu telah menjadi milik mereka. Tapi ketika perjanjian selesai, maka tanah itu adalah milik kami.

ALO : Maaf, Ungke. Ngana lupa bahwa petani-petani itu tidak membayar uang sewa kepada omamu dan seterusnya ... Karena justru hak tanah itu dipersoalkan dan tidak lama kemudian, ... ... dan sekarang setiap anjing pun mengetahui bahwa itu torang punya. Mungkin ngana belum memiliki petanya, Ungke.

UNGKE : Akan kita buktikan bahwa kita depe pemilik!

ALO : Akan tidak bisa, Nak ...

UNGKE : Tentu saja bisa! (TEGAS BERTERIAK NGOTOT)

ALO: Bajingan ngana no, kiapa ngana bataria-bataria di sini, Ungke? Ngana tidak usah membuktikan apa-apa dengan cara bakuku bagitu. Kita ndak menginginkan kepunyakanmu. Dan kita pun tidak akan menyerahkan kepunyakanku. Untuk apa? Kalau ngana, Ungke ... Kalau ngana so berani mencoba untuk bertengkar tentang lapangan itu lebih baik kita kase lapangan itu kepada petani-petani, dari pada kepada orang seperti kamu.

UNGKE: Setang alas, kita ndak mangarti. Atas hak apa Om menghadiakan hak orang lain?

ALO : Nyaku bebas memutuskan apakah Nyaku berhak atau tidak? Nyaku bisa mengucapkan namammu: “Juragan Muda“! Tetapi nyaku tidak bisa bicara dengan cara seperti ini. Umurku sudah dua kali umurmu, Juragan Muda. Dan kuminta supaya ngana bicara tanpa berteriak-teriak, dan seterusnya ...

UNGKE : Apa? Om Alo menganggap kita kai biongo dan Om mentertawakan aku? Katamu ... Tanahku adalah tanah Om? Huh ... Itu bukan sikap tetangga yang baik. Dan Om masih mengharapkan kita diam saja? Kita harus bicara secara patut terhadap Om?
Huh ... Itu bukan sikap tetangga yang baik, Alo Vander Bingobingo ... Ente bukan tetangga yang baik. Ente lintah darat!

ALO : Apa katamu, ungke? Lintah darat?

KARLOTA : Pa, suruhlah buruh-buruh itu bapacol rumput di lapangan itu segera.

UNGKE : Apa ngana bilang, nona?

KARLOTA : Lapangan “Maasing“ adalah torang punya dan kami tidak akan menyerahkan kepadamu. Kita nemau, nemau ...

UNGKE : Oh kai, kuko masidada, temboe ma keti-keti ... persoalan ini akan berlarut-larut nantinya. Akan kita  buktikan di depan pengadilan bahwa kita depe pemelik. Dasar tembo maketi.

ALO : e..ngana tu tembo maketi Ungke! Di depan pengadilan boleh saja, Juragan Muda, dan seterusnya ... Boleh saja ... Ngana memang telah lama menunggu-nunggu kemungkinan untuk membawa persoalan ini ke pengadilan adat, yang menggunakan undang-undang pengadilan secara licik!
Memang semua ngana pe keluarga suka bertindak licik!... semuanya ... ! tembo maketi!

UNGKE : Om jangan hina kita pe keluarga. Semua keluarga tuan Stelgaga Marbogobogo selalu orang yang dapat dipercaya, dan tidak seorangpun yang muncul di pengadilan karena melarikan uang, seperti ngana pe om. (KEPADA KARLOTA)

ALO : Semua keturunan Mener Stelgaga Marbogobogo keturunan gila !

KARLOTA : Yaaaaa ... Semuanya, semuanya ... ... ! Semuanya Lamu!

ALO : Ngana pe tete pang manyabung ayam, ngana pe tanta paling muda bahugel deng mandor PU, dan seterusnya ... (LEMAH)

UNGKE : Dan Ngana pe Ma Ade seorang yang bongkok.
(MEMEGANG JANTUNGNYA) Aduh kit ape pinggang... saki, darah so nae ke kepala ... Demi Tuhan ... Air ...

ALO : Dan ngana pe papa seorang yang mata keranjang!!!

KARLOTA : Dan tak ada lagi selain ngana pe Ma Ara yang mulutnya latah dan judes. Rica-rica ...

UNGKE : Oooohh ... kita pe kaki terasa lumpu! Ngoni dua so malendong pa kita! Tukang malendong! Cuma berani malendong!  Oh ... ini mata so bakunang-kunang, ma... manaaa ... kita pe Topi? Mana pintu?! Kita somo pulang ... !!

KARLOTA : Jahat!, Licik!, bekeng muntah!!

ALO : Laki-laki penyakitan. Berkepala dua, penyebar malapetaka, itu no angko! Kado!

UNGKE : Mana pintu? Ooooh ... saki hati kita. Tai tusa ngoni. Dari mana kita mo kaluar...? Mana pintu? ... (KELUAR)

ALO : Ee…jangang angko injang ulang ni rumah ! Kado!

KARLOTA: Lapor ke pengadilan jo Pa, Nanti torang lia no. (UNGKE KELUAR MERABA PINTU)

ALO : Persetan deng dia ... (MONDAR-MANDIR DENGAN MARAH)

KARLOTA : Manusia soe, bagaimana mo percaya birman model bagini. Bae-bae di kuli. So susah kita mo percaya deng birman bagitu. Pura-pura bae mar hati itang. Jaha, koncudu, pang ba mulu. Mulu-mulu rica!i? Bogo-bogo, mangaku-mangaku orang pe tanah kong hina le depe pemilik. Dasar kampung pece!!!

ALO : Dan si Konyol itu ... Si bogo-bogo itu ... Berani sekali datang mo maso minta pa ngana dan seterusnya ... co ngana pikir ... Maso minta.

KARLOTA : Hhhaaaahhh ... ?,Maso minta apa?

ALO : Dia datang kamari tadi itu , depe maksud mo maso minta pa ngana ...

KARLOTA : maso minta pa kita? Kiapa papa ndak kase tahu dang pa kita? (MENYESAL)

ALO : Karena itu no dia bapake neces. Ungke Bogo! Bogo-bogo!

KARLOTA : Mo maso minta pa kita? ...maso minta? ... (JATUH KE KURSI) ... Pangge ulang pa dia Pa ... Oh, pangge ulang jo pa.

ALO : Adoh, bagaimana mo pangge ulang?

KARLOTA : Capat ... Capat ... kita somo pingsan, pangge ulang pa dia, bawa ulang kwa pa pa dia kamari ...

ALO : Adoh ... io dang, jangang manangis dang. Kong apa kita mo bekeng? ... io dang ... ! (LARI KELUAR) 



(MAU IKUTI LANJUTANNYA...KONTAK SAYA: 085343976992)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar