Kamis, 11 Juli 2013

WILAYAH MANADO UTARA 1973


Oleh: Iverdixon Tinungki

Dalam lintasan 70 tahun (1903-1973) dengan masa pelayanan 4 Kepala Paroki, nama dari aras pelayanan Paroki Singkil baru diubah menjadi aras pelayanan Wilayah Manado Utara. Pengubahan nama aras pelayanan ini berlangsung pada masa kepemimpinan Ds. R.M. Luntungan selaku Ketua Sinode GMIM (1968–1979). Pengubahan nama di salah satu aras pelayanan GMIM ini merupakan akhir dari penggunaan istilah atau nama yang dibawah Gereja Katolik sejak tahun 1563 yang ditandai peristiwa pembaptisan oleh Peter Diego De Magelhaes di pantai Sindulang.  

Penggunaan istilah atau nama bernuansa Gereja Katolik dalam aras pelayan Gereja Protestan Belanda di tanah Minahasa telah berlangsung lebih dari 4 abad sejak kedatangan mula-mula  para peter dari gereja Katolik. Perubahan nama dari Paroki ke Wilayah sendiri baru terjadi dalam kurun 405 tahun (1563-1968).
Sebelum aras pelayanan Paroki diterapkan dalam teritorial pelayanan GMIM, pada masa sebelum GMIM resmi didirikan pada 1934 penggunaan nama aras pelayan Clasis Manado dikenal sebagai teritorial pelayan Gereja Protestan Belanda (De Indische Staats Kerk) di Tanah Minahasa. Clasis Manado juga disebut sebagai Pelayanan Lingkar Manado. Pada tahun 1968, pada saat terjadi perubahan dari nama Paroki ke Wilayah, Pelayanan Lingkar Manado pun berubah menjadi Badan Pekerja Anatar Wilayah (BPAW) Manado.
Dari sini dapat dilihat, jedah 198 tahun masa pelarangan  misi Katolik di daerah jajahan Belanda (1602-1800) tidak membuat ornamentasi dan akar pelayanan kekristenan yang dibentuk oleh para missionary Katolik terputus dan pudar begitu saja. Bahkan pekerjaan misi awal oleh gereja Katolik itu telah menjadi dasar yang kokoh dalam pertumbuhan pelayanan Gereja Protestan di tanah Minahasa. Perubahan istilah dan nama bisa saja terjadi, tapi Firman yang ditebar dari masa gereja mula-mula terus tumbuh dan berkembang bahkan berbuah menjadi gereja (GMIM) dengan sejuta lebih anggota jemaat saat ini.
Ketika terjadi perubahan nama dari Paroki ke Wilayah, aras pelayan GMIM Wilayah Manado Utara telah meliputi 14 Jemaat yakni: Jemaat GMIM Kombos,  Jemaat GMIM Karame, Jemaat GMIM Tuna, Jemaat GMIM Bethanie Singkil, Jemaat  GMIM Petra Karangria, Jemaat GMIM Nazaret Tuminting, Jemaat GMIM Torsina Tumumpa, Jemaat GMIM Imanuel Bailang, Jemaat GMIM Batu Saiki, Jemaat GMIM Molas, Jemaat GMIM Meras, Jemaat GMIM Buha, Jemaat GMIM Bengkol, Jemaat GMIM Pandu. 
Sementara Gereja Bethanie Singkil Sindulang masih tetap menjadi pusat wilayah dengan Ketua Wilayah Pendeta Dumanauw  Musa Victor Kandijoh.
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar